Bartholomew Kuma Mati

BacaBerita.Net, Apakah benar Bartholomew Kuma Mati dalam cerita manga One Piece ? nah sebelum kita bahas lebih dalam sebaiknya kita awali dengan mengenal sosok Bartholomew Kuma (Tentang Kuma) , yok disimak hal - hal tentang Bartholomew Kuma dibawah ini :

Bartholomew Kuma Mati













Pertama kita mulai dengan Harga buronan atu nilai  Bounty nya :
-Harga buronan Kuma
 Karakter ini muncul di manga pertama kali pada chapter 233 dan di animenya eps 151. Dia memiliki harga buruan yang cukup tinggi before time skip, akan tetapi after time skip terlihat rendah setelah saya meilhat harga buruan anak buah Big Mom. Tentu saja tidak sesuai dengan kemampuannya yaitu cuma 296 jt berry, akan tetapi semakin saya mengikuti alur cerita dan mendapatkan pencerahannya(asrek ) saya menyadari bahwa harga buruan seseorang tidak mencerminkan kekuatan sesungguhnya.
Besar kecilnya harga buruan bisa ditentukan melalui beberapa aspek, misalkan dilihat dari seberapa berbahayanya seseorang tersebut bagi pemerintah dunia atau bisa disebabkan oleh kekacauan yang dia perbuat dilingkungan masyarakat. Contohnya saja kita bandingkan kapten kita Luffy dengan Eustas Kid, ketika Arc Kepulauan Saboedy before time skip kita tahu harga buruannya lebih kecil dari pada Kid. Padahal jika kita lihat dari track yang telah kapten kita lalui. Kapten kita bisa saja memiliki harga buruan yang jauh lebih tinggi.
Sebenarnya harga buruan kapten kita lebih dari 300 jt berry loh sebelum perang Marineford jika dihitung pada saat mengalahkan Gecko Moria, sayangnya saja ketika itu tak ada media yang meliputnya dan tak banyak orang yang tahu soal kekalahan Moria, sehingga pemerintah dunia berusaha menutupinya karna tidak mau menanggung malu lagi setelah kekalahan Crocodile ditangan kru mugiwara waktu di Alabasta. Ini bisa merusak nama besar pemerintah dunia dan shichibukai. Kalau saja diketahui dunia mungkin harga buruannya bisa naik lagi mungkin 450 jt berry Khisisisi .
Ok sampai mana tadi, sampai lupa lagi ngebahas Kuma (kebiasaan lama  hadeuh). Wajar saja kalau Kuma memiliki buruan yang cukup rendah pada saat ini, karena dia adalah anggota shichibukai, loh apa pengaruhnya? Ya dulu sebelum ia menjadi shichibukai, kata Perona dia adalah mantan bajak laut, ia terkenal karena kekejamannya, setelah itu ia bergabung dengan pasukan revolusi tanpa diketahui oleh pemerintah dunia, mungkin dari sini ia mendapatkan harga buruannya. Ketika seseorang mendapatkan gelar shichibukai maka harga buruannya pun takan dinaikan lagi oleh pemerintah, mungkin itulah sebabnya harga buruannya yang cukup rendah untuk saat ini.

-Buah setan Kuma
Nikyu Nikyu No Mi buah setan bertipe paramecia yang jika kita artikan adalah tapak hewan. Inilah salah satu alasan yang membuat saya jatuh cinta pada one piece . Kenapa? Banyak anime dengan alur cerita action, kususnya pertarungan dan memunculkan banyak kekuatan, tapi yang saya lihat dari kekuatannya sebatas itu-itu saja, kalau engga api, air, es batu dll hahaha (maaf bukan maksud merendahkan karya orang lain ya, cuma bosen saja melihatnya kaya sudah ketebak tuh kaya gimana gitu rasanya, hambar ) tapi beda banget sama anime yang satu ini, kekuatannya diluar imajenasi manusia pada umumnya, tepok tangan dong buat Oda-Sensei (Hooreey ). Ini bukan tapak hewan biasa, ini tapak tangan yang dapat memantulkan "Segalanya", Naniiii ? Segalanya? Omoshire .
Yaps segalanya dapat dipantulkan, bahkan jika kita balik lagi ke pertarungan awal Kuma melawan Kru Mugiwara, setelah mengalahkan Moria tepatnya. Ia dapat membuat gelembung udara berbentuk tapak hewan yang dipantulkan dengan kecepatan cahaya disebut Pad Hou yang dapat menembus apapun jika mengenainya. Lalu Ursus Shock sedikit berbeda dengan Pad Hou dengan ukuran yang besar lalu dipadatkan menjadi kecil menjadi sebuah bom yang dapat meledak dengan radius yang sangat luas. Kemampuan ini sangat unik, sangat berguna sekali dalam pertarungan, ia dapat memantulkan tubuhnya dengan kecepatan cahaya kemana pun ia suka, sehingga terlihat ia seperti melakukan teleportasi.
Dengan tangannya ia pun mampu menerbangkan seseorang ketempat yang dia inginkan, saya berpikir dengan teknik ini, bisa saja ia dapat mengalahkan seseorang pemakan buah setan bertipe logia tanpa menggunakan haki. Loh kok bisa? Ya tinggal terbangkan saja ke laut, nyemplung terus end deh . Dan yang membuat saya lebih syok adalah ketika ia memantulkan rasa sakit dan kelelahan yang diderita kapten kita Luffy yang pingsan setelah melawan Moria. Singkat cerita semua kru pingsang tak mampu melawan kekuatan Kuma, akhirnya Zoro yang masih bisa berdiri menyerah dan ia hanya ingin kapten dan teman-temannya selamat, maka Zoro menawarkan kepalanya untuk ditukar dengan kepala kaptennya. Lalu ia diberi pilihan jika ia mau menyelamatkan Luffy, maka dia harus menggantikan rasa sakit yang diterima Luffy. Lalu Kuma memberikan sedikit rasa sakit itu ketubuh Zoro dan betapa mengerikannya ketika Zoro menerimanya terlihat seperti bola penyiksaan kemudian lihatlah reaksi pada Zoro terlihat ia sangat kesakitan, seperti ada yang mencabik-cabik didalam tubuhnya, mengerikan !
Selain itu, dengan telapak tangannya ia mampu menangkis segala macam bentuk serangan seperti pukulan, tebasan pedang, api dll, dengan memantulkannya pada telapak tangannya. Sadis banget kan




-Misteri yang dimiliki Kuma
Seperti atasannya Dragon, Kuma pun mempunyai banyak rahasia yang belum terungkap sampai saat ini.
~Pertama, apa alasan dia bergabung dengan pasukan revolusi?
Kita tahu dari Perona bahwa Kuma adalah mantan bajak laut, dia pun dikenal dengan kebrutalan dan kekejamanya. Bagaimana bisa seorang yang sangat kejam berubah menjadi baik? Saya punya teorinya, pertama Kuma dikenal kejam dikalangan bajat laut, sehingga banyak bajak laut yang takut dengannya. Mungkin alasan dia berbuat kejam pada bajak laut adalah karena ia ingin membersihkan segala bentuk kejahatan, karena kita tahu yang namanya bajak laut biasanya orang jahat, suka menjarah, merampok bahkan membunuh. Bisa saja ia ingin menumpas kejahatan dengan bebas, terlihat sama seperti Luffy dikenal sebagai bajak laut, tetapi berhati malaikat .
Pada SBS Vol. 63, Oda-Sensei menggambar Kuma pada saat waktu masih kecil, seorang bocah miskin yang polos dangan pakaian compang-camping dan membawa kayu bakar dipunggungnya sambil membaca sebuah buku. Saya berpikir kalau dia memang sudah jadi orang baik semenjak kecil terlihat dari wajah polosnya .

-Perjanjian apa yang terjadi antara Kuma dengan pemerintah dunia?
Kita tahu bahwa Kuma lah yang menyelamatkan semua Kru Mugiwara dikepulauan Saboedy dari kepungan Pacifista, Sento Maru dan Admiral Kizaru. Lalu after time skip Franky bertemu dengan Kuma yang sudah rusak parah akibat melindungi kapal Sunny Go. Kuma yang telah menjadi Pacifista sepenuhnya berkata bahwa misi telah selesai, salah satu kru mugiwara telah kembali. Lalu ia pergi meninggalkan kapal Sunny dan Franky.
Saya mempunyai jawaban sendiri, salah satu tugas Kuma menjadi shichibukai mungkin adalah menjadi agen intelejen untuk pasukan revolusi, untuk memata-matai pemerintah dunia dan angkatan laut. Dia pasti telah banyak mengetahui informasi tentang banyak hal yang dimiliki oleh pemerintah dunia maupun angkatan laut. Jadi dia dapat mengukur seberapa besar kekuatan yang dimiliki kedua pihak. Informasi kegaduhan tentang bangsawan dunia Tenryuubito terluka akibat diserang oleh kru mugiwara pasti sudah menyebar luas, sehingga kemuningkinan besar Kuma pun mengetahui kabar ini. Apalagi mungkin saja bila Kuma pun mengetahui bahwa yang akan datang ke pulau Saboedy adalah admiral Kizaru.
Kuma mungkin langsung memutuskan untuk menyelamatkan Luffy dkk karena ia tahu bahwa kru mugiwara pasti akan tertangkap semua oleh Kizaru bila dibiarkan. Ada kemungkinan bahwa komunikasi yang dilakukan Kuma dengan Rayleigh adalah memberi tahu bahwa kru mugiwara baik-baik saja dan untuk melatih Luffy dan krunya untuk memperkuat diri persiapan didunia baru. Setelah sepakat dengan Rayleigh, barulah ia mulai bernegosiasi dengan pemerintah dunia, bahwa ia mau dijadikan sebagai Pasifista seutuhnya dengan syarat Dr. Vegapunk menanamkan perintah pada dirinya sendiri untuk melindungi kapal Sunny Go sampai salah satu dari kru mugiwara kembali. Nah itu opini saya hehehe, jika berbeda dengan opini anda biarkan saja ya .

-Fakta tentang Kuma

1. Kuma diberitahukan telah mati ketika perang Marinefored berlangsung oleh Doflaminggo.
2. Kuma adalah sedikit dari orang-orang yang berhasil memgalahkan seluruh kru mugiwara Luffy. Contoh lain Aokiji.
3. Pada awalnya dimanganya telapak hewan Kuma berwarna hitam mengikuti warna telapak tangan beruang asli, tetapi dirubah pada versi animenya menjadi warna merah jambu seperti telapak kucing (seperti yang dibayangkan Robin ketika mengetahui buah setan yang dimakan oleh Kuma ).
4. Dalam sebuah wawancara tentang Strong World, Oda mengungkapkan bahwa pada awalnya konsep kepala Shiki dimaksudkan untuk digunakan pada Kuma. Namun ia menolak ide itu dan kemudian memutuskan untuk menggunakannya pada Shiki.

Sekian dulu kita bahas seputar Kuma. Terimakasih untuk anda yang telah membacanya . Maaf jika banyak salahnya ya .

Bartholomew Kuma Mati