Mengenal AGLAONEMA

AGLAONEMA



Aglaonema atau sering disebut dengan sri rejeki yaitu tanaman hias dengan nama ilmiah Aglaonema sp. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk beberapa varietasnya berasal dari Indonesia. Aglaonema berasal dari bahasa Yunani yaitu Aglos atau sinar dan nema atau benang. jadi aglaonema merupakan benang yang bersinar. Seperti tampak pada Aglaonema costatum, yang memiliki tulang daun berwarna putih cerah membelah kehijauan permukaan daun sehingga tampak seperti benang yang bersinar.

Aglaonema memiliki gelar istimewa yaitu sebagai ratu tanaman hias. Hal ini mungkin karena banyak orang yang menganggap bunga ini menjadi ratu karena keanggunannya. Aglaonema dipercaya sebagai pembawa rejekiatau keberuntungan, karena itu sering disebut dengan sri rejeki. Seperti di Thailand selain tanaman adenium dan euphorbia, tanaman aglaonema juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, juga dinegara Malaysia, yang sering menyebutnya Good Luck, dan di Filipina juga tanaman aglaonema istimewa.
Aglaonema adalah tanaman hias daun. Yang membuatnya menarik adalah motif daun yang ada yaitu penuh warna dan motifnya dekoratif, sangat kaya dari yang kelihatan rapi sampai acak.



Dalam klasifikasi atau sistematika tumbuhan, aglaonema masuk famili araceae yang berkerabat dekat dengan tanaman hias berdaun indah lain seperti alocasia, anthurium, caladium dan dieffenbachia.
Perawatan aglaonema tidak terlalu sulit, tapi perlu kita ketahui sifat dari aglaonema ini yaitu antara lain:
  1. Peka terhadap sinar matahari
  2. Cenderung menyukai air
  3. Menyukai tempat yang lembab
  4. Pertumbuhannya lambat

Perawatan tanaman
  1. penyiraman
  2. pemupukan
    pada dasarnya pupuk adalah bahan yang mengandung unsur2 hara yang dibutuhkan tanaman , baik hara makro dan mikro. Aglaonema termasuk tanaman hias daun, sehingga pupuk yang diberikan sebaiknya memiliki kandungan N(nitrigen) tinggi karena nitrogen berperan dalam pembentukan daun yang sehat dan segar. Unsur K (kalium) yang berfungsi memperlancar semua proses di dalam jaringan tanaman dan memperkuat tanaman , dan P (fosfor) yang memacu tanaman berbunga dan berbiji diberikan dalam kadar kecil.
    Pupuk akar yang sering di rekoendasikan yaitu NPK 3;1;2 dgn dosis satu sendok makan dilarutkan dalam 10 liter air dan diberikan dua minggu sekali.
  3. Pemangkasan(daun dan bunga, apabila aglaonema dimaksudkan untuk tanaman hias bukan difungsikan sebagai indukan dari biji, karena akan mengurangi jatah untuk pertumbuhan daunnya)
  4. Pemberantasan hama dan penyakit

Perbanyakan aglaonema melalui perbanyakan generatif dan fegetatif.
  • Perbanyakan generatif sering disebut dengan perbanyakan seksual adalah perbanyakan tanaman melalui perkawinan, dan dalam tumbuhan adalah dibuahinya putik yang merupakan organ betina oleh serbuk sari yang merupakan organ jantan, atau sering disebut dengan penyerbukan.
  • Perbanyakan fegetatif disebut juga dengan perbanyakan aseksual yaitu perbanyakan tanaman di luar perkawinan yang menghasilka biji. Untuk aglaoema perbanykan vegetatif meliputi setek memisahkan anakan, dan cangkok.
    Setek diartikan sebagai pemisahan atau pemotongan bagian tanaman ( bias batang, cabang , daun, atau akar) agar bagian2 yang dipotong tersebut membentuk akar, dan bias menjadi tanaman baru. Pada aglaonema hanya dapat dilakukan dengan setek batang, setek batang tersebut bias menyertakan daun dan akar atau tanpa daundan tanpa akar.Dengan demikian dari sebatang aglaonema dapat dibai setek menjadi tiga bagian, atas tengah dan bawah.
    Pangkal batang bekas potongan bias diberi zat perangsang tumbuh yaitu atonik dan rootone. Medianya campuran dari sekam baker dan pasir halus dengan perbandingan sama. Media disterilkan dulu sebagai antisipasi serangan hama dan penyakit. Penanaman setek batang dengan daun dan akar harus vertical tapi kalo batang saja bias horizontal.selain mengoleskan zat perangsang tumbuh dipangkal setek cara lainya untuk mempercepat tumbuh yaitu dengan menyiram media tanam sampai jenuh. Setelah itu pot dimasukkan kedalam kantung plastic transparan dan mulut kantong plastic diikat sungkup plastic transparan . udarae dalam kantong yang hangat dan berkelembaban tinggi mempercepat keluarnya akar sehingga sekitar 1.5 bulan kemudian setek telah memiliki akar dan beberapa helai daun.
Penampilanya akan semakin terlihat menarik jika dipadu dengan pot keramik yang eksklusif.
macam- macam aglaonema antara lain Snow White, adelia, anjalea, Bangkok Dream (Aglaonema Variegata), Butterfly, Donna Carmen Mutasi, Golden Lipstick, Heng Heng, Lady Valentine, Legacy, Lemon Squash, Luilaywan, Maneelompect, Miss Thailand, Moradoklok, Param Ruay, Pink Panther, Pride of Sumatera, Red Silver, Ruingen, Tembaga, Vietnam Bath, Yellow Cochin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal AGLAONEMA "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel