Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses saat Wawancara Kerja

Setelah lulus, kita akan masuk pada fase mencari kerja. Banyak banget hal yang harus dipersiapkan, seperti CV, resume, dan portfolio. Kalau pada tahapan seleksi dokumen ini kamu lolos, maka HRD akan menghubungi kamu untuk datang dan melakukan interview. Nah disini kita bakal bahas Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses saat Wawancara Kerja, sesi ini adalah tahapan yang memiliki persentase besar dari berhasilnya kamu mendapat pekerjaan atau enggak. Oleh karena itu, selain mempersiapkan diri dari segi penampilan, kamu juga harus memperhatikan hal-hal yang sebenarnya sepele tetapi bisa menjadi "jebakan" seperti kelima hal ini yang patut kamu perhatikan agar sukses saat wawancara kerja .


Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses saat Wawancara Kerja

1. Cara Berjabat Tangan

Yap Walaupun sepele, tetapi ada beberapa HRD yang akan menilai seorang kandidat dari caranya berjabat tangan. Selain harus memastikan bahwa tangan kamu bersih, perhatikan juga gestur serta gerakan jabat tangan yang benar. Kalau goyangan tangan kamu lemah, HRD akan berpikir kamu adalah tipe orang yang enggak percaya diri. Sebaliknya, kalau goyangan tangan kamu terlalu cepat, HRD bisa berpikiran bahwa kamu orang yang terlalu excited dan percaya diri. Nah, untuk tahap ini, kamu juga harus banyak belajar nih. Coba lihat beberapa video di youtube atau kamu bisa menanyakan tentang hal ini ke teman atau saudara yang udah berpengalaman. Selain itu, jangan lupa latihan ya sob biar makin percaya diri saat menghadapi HRD

2. Langsung Duduk Padahal Belum Dipersilakan

Nah hal ini yang perlu kamu perhatikan juga Namanya juga "bertamu ke rumah orang", tentu saja kita harus menjaga sikap. Contoh paling dasar adalah saat tiba giliran kamu masuk ke ruang interview. Setelah berjabat tangan, biasanya HRD akan mempersilakan kamu untuk duduk. Akan tetapi, kalau belum dipersilakan, sebaiknya kamu tunggu dulu aja girls. Emang sih, ada juga HRD yang enggak mengucapkan kalimat tersebut dan membiarkan kamu langsung duduk, namun ada juga HRD yang diam-diam mengetes kamu dari tahapan ini lho.

3. Cara Kamu Menjawab Pertanyaan

Biasanya, obrolan saat interview akan dimulai dengan HRD yang meminta kamu untuk menceritakan terlebih dahulu pengalaman kerja yang dimiliki. Enggak cuma pengalaman kerja, kamu juga bisa memberitahukan mereka pengalaman magang atau volunteer yang pernah kamu lakukan. Bahkan, pengalaman organisasi atau kursus yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang perusahaan butuhkan akan membuat mereka tertarik dengan kamu. Nah, setelah mengetahui background kamu, HRD akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti kenapa kamu resign dari tempat lama, project apa aja yang udah kamu kerjakan dan bagaimana cara kamu mengatasi masalah pada pekerjaan kamu. Enggak jarang juga mereka akan menanyakan kamu opini tentang bos atau perusahaan tempat kerja kamu dulu. Kalau udah kayak gini, perhatikan nada bicara kamu. Jangan menjawab terlalu cepat dan kurangi kata "Mmmm". Selain itu, kamu juga harus memberikan jawaban yang terdengar tegas, percaya diri dan objektif.

4. Enggak Bertanya Soal Perusahaan

Sebelum melakukan interview, kamu wajib banget untuk cari tahu tentang profile perusahaan yang kamu tuju sehingga kamu bisa lebih memahami perusahaan tersebut serta bertanya kembali kepada HRD. Yup girls, hampir seluruh recruiter akan mempersilakan kamu untuk bertanya di akhir sesi interview. Nah, manfaatkan kesempatan itu dengan menanyakan beberapa point dari data yang udah kamu browsing terlebih dahulu. Psst, kamu juga bisa kok bertanya tentang posisi pekerjaan yang lagi diincar, seperti "Kenapa orang yang mengisi posisi ini resign?" atau "Ada berapa orang yang dibutuhkan dalam tim ini dan apa saja perannya?" pengetahuan dan rasa penasaran kamu tentang perusahaan bisa menjadi point plus bagi mereka lho!

5. Postingan Social Media

Point ini emang paling sepele, tetapi bisa memengaruhi keputusan HRD untuk menerima kamu lho girls, yaitu postingan di social media. Yup, pasti kamu pernah dong mengisi formulir kerja dan harus menyertakan akun instagram, facebook dan twitter? Enggak cuma itu, ada juga perusahaan yang meminta website pribadi kalau kamu punya, seperti blog atau youtube. Nah, untuk mengetahui personality kamu, sangat memungkinkan bahwa HRD akan mengecek akun-akun social media kamu. Apalagi kalau kamu melamar di perusahaan yang sangat berkaitan dengan social media. Kalau postingan kamu kebanyakan sindiran, kata-kata yang mengandung SARA atau konten negatif lainnya, jangan berharap HRD akan mempertimbangkan kamu lagi ya .
So, jangan sepelekan hal kecil seperti kelima point ini ya. Semangat!

Nah itulah Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses saat Wawancara Kerja, penting untuk kalian perhatikan jangan sampai gegabah walaupun sepele hal semacam ini tentu menjadi pertimbangan buat HDR atau perusahaan untuk menerima kalian bekerja bergabung bersama mereka , sekian terimakasih  !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Sukses saat Wawancara Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel